CEK TIPS KECANTIKAN LAIN:

Penting: Apakah Sulam Alis Halal Menurut Islam?

Penting: Apakah Sulam Alis Halal Menurut Islam?


Apakah Sulam Alis Halal

Apakah menyulam alis halal menurut islam? Itulah yang sering menjadi pertanyaan besar dalam perempuan muslimah yang berniat untuk mempercantik atau memperindah alisnya. Memang, wanita adalah makhluk yang selalu ingin tampil sempurna. Saat mereka melihat alisnya kurang tebal atau bentuknya tidak sesuai seperti idamannya, mereka pastilah akan segera mencari cara untuk mengubahnya. Ya, walaupun tidak permanent. Seperti yang sedang ngetrend pada zaman modern ini, perawatan ini dinamakan sulam alis atau eyebrow embroidery yang konon katanya dapat membuat wanita lebih mempesona.

Menurut ahlinya, sebenarnya eyebrow embroidery  tidak bertujuan untuk membuat seperti layaknya tambahan rambut baru, tetapi hanyalah bertujuan untuk memperindah saja. Pada prakteknya, tak mencukur habis eyebrow yang anda punya, tetapi akan dibuat tebal dengan menyisipkan bulu-bulu yang baru ke eyebrow asli anda. Hasilnya, alis akan tampak lebih tebal. Jika anda ingin bentuk alis tampak cantik, para ahli hanya membentuknya sesuai dengan lengkungan dan pola yang sudah saja. Hanya saja, mereka meletakkan tinta pada ujung jarum yang digunakan untuk menyulam. Setelah anda mengetahui prosedurnya, apakah sulam alis bisa dikatakan halal menurut islam masih menjadi pertanyaan anda?

SULAM ALIS DIKATAKAN HARAM: APAKAH SULAM ALIS HALAL

Apakah jika menyulam alis masih bisa dikatakan halal menurut islam? Menurut mazhab syafiiyah, jika muslimah berniat untuk mentato alisnya atau menyulamnya agar terlihat lebih indah dan cantik, hal tersebut dibilang haram. Alasan apa yang kira-kira membuat mazhab syafiiyah melarang wanita menyulam alisnya? Pertama, orang yang menganut mazhab syafii mengatakan haram karena perawatan kecantikan tersebut mengubah apa yang telah diberikan oleh Allah. Bukankah alis yang diberikan Allah sudah terbaik bagi para perempuan, tetapi mengapa mereka mengubahnya dengan alasan ingin tampil cantik. Bukankah hal tersebut tidak termasuk tidak mensyukuri nikmat Allah atau kufur nikmat?

Alasan kedua mazhab syafii mengatakan eyebrow emboidery haram, karena hampir mirip dengan tato karena dalam proses tersebut menggunakan jarum dan juga tinta. Bukankah dalam proses sulam alis, tinta juga dimasukkan supaya tampak lebih tebal? Nah, karena eyebrow embroidery sama dengan tato, maka mazhab tersebut melarangnya karena tattoo adalah termasuk larangan dalam islam.

Bukti yang menunjukkan eyebrow embroidery haram adalah tujuannya yang hanya untuk mempercantik dan memperindah alis saja. Bukankah jika tujuannya hanya memperindah, itu berarti wanita tersebut mengatakan ciptaan tuhan tersebut tidak bagus dan meremehkan Tuhannya. Belum lagi, sulam alis yang dikatakan sakit membuat perawatan ini semakin dilarang karena sulam alis hanyalah akan melukai pencintanya, meskipun mereka tampak cantik selebihnya. Dalam hadist juga menambahkan melukai yang tidak karena hajat, bisa dikategorikan dalam haram. Apakah Sulam Alis Halal Menurut Islam dan bisa dilakukan untuk perempuan Islam?

SULAM ALIS DIKATAKAN HALAL

Namun, ternyata ada juga beberapa mazhab yang memperbolehkan sulam alis, tentunya lihatlah dulu alasannya mengapa mazhab islam tersebut memperbolehkan sulam alis dilakukan oleh wanita. Jika wanita melakukan sulam alis karena mereka diharuskan melakukannya, misalnya setelah kecelakaan, alisnya menjadi tidak sempurna, maka sulam alis tersebut diperbolehkan. Ada juga yang berpendapat, sulam alis hanyalah membentuk alis agar terlihat lebih indah, bukan mengubahnya secara permanen. Tinta yang digunakannya pun juga tidak permanent karena bisa hilang. Jadi, sulam alis tidak dikategorikan dalam tato karena tato biasanya tintanya adalah tinta permanen. Kesimpulannya, jawaban dari pertanyaan apakah sulam alis haram atau halal menurut islam adalah sesuai dengan situasi, kondisi, dan alasan si wanita yang melakukan sulam alis.

Description: Apakah sulam alis halal menurut islam? Halal dan haram tergantung niat dari wanita yang melakukan sulam alis.

Cara Memutihkan Kulit

Leave a comment